(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Pelatihan Pembuatan Akuarium Ikan Hias

Pelatihan Pembuatan Akuarium Ikan Hias Bagi Guru-Guru  Paud dalam Mendukung Pengembangan Media Pembelajaran Anak-Anak Di Paud Al Mujahidin Lanud Eltari-Penfui, Kota Kupang.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di PAUD Al Mujahidin LANUD Eltari-penfui, Kota Kupang, ini merupakaan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Tim Dosen dari Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan (FPKP), Universitas Nusa Cendana yang diketuai oleh Dr. Ir. Yahyah, M.Si dan beranggotakan Aludin Al Ayubi, S.Pi.,M.Si dan Lebrina I. Boikh, S.Pi.,M.Si, serta melibatkan beberapa mahasiswa dari Prodi MSP FPKP UNDANA diantaranya Silvester T. Saman, Valentino A. Detan, Giacinta Yuliana W. D. Wero, Adinda Wulandari Tasik, Cristin P. Meni, Nur Vadila, Cresensia Lismawati, Faradila Sandy dan Tigblades A. Keze. Kegiatan ini bertemakan : Pelatihan Pembuatan Akuarium Ikan Hias Bagi Guru-Guru PAUD dalam Mendukung Pengembangan Media Pembelajaran Anak-Anak di PAUD Al Mujahidin Lanud Eltari-Penfui, Kota Kupang.

Kegiatan pengabdian ini dibuka oleh Kepala Sekolah PAUD Al Mujahidin LANUD Eltari-Penfui, Kota Kupang. Kepala sekolah, Ibu Nurul Hidayati, A.Md, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan, FPKP UNDANA karena telah memilih PAUD Al Mujahidin sebagai tempat untuk melakukan kegiatan pengabdian dan berharap agar kegiatan seperti ini dapat terus berlanjut. Selain itu, ketua Tim pelaksana Bapak Dr. Ir. Yahyah, M.Si juga dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan pengabdian dari Prodi Manajemen Sumberdaya Perairan, FPKP UNDANA ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan di setiap tahun, sebab merupakan salah satu bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi yang dibiayai oleh DIPA Program Studi manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, UNDANA dan beliau juga berharap agar kegiatan ini dapat bermanfaat bagi guru-guru PAUD dalam mendukung pengembangan media pembelajaran bagi anak-anak PAUD Al Mujahidin LANUD Eltari-penfui, Kota Kupang.

Setelah acara pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan akuarium ikan hias bagi guru-guru PAUD dan penyampaian materi edukasi bagi anak-anak PAUD terkait “Gemar Makan Ikan”. Untuk pelatihan pembuatan akuarium ikan hias bagi guru PAUD sendiri langsung dipandu oleh salah satu anggota tim dari Staf Dosen Prodi MSP, FPKP UNDANA yaitu Bapak Aludin Al Ayubi, S.Pi.,M.Si dan untuk penyampaian materi edukasi terkait “Gemar Makan Ikan” bagi anak-anak PAUD, disampaikan oleh tiga orang pemateri dari mahasiswa pada tiga kelas yang berbeda. Mahasiswa yang menyampaikan materi edukasi tersebut diantaranya Giacinta Yuliana W. D. Wero, Adinda Wulandari Tasik dan Cristin P. Meni.

Bapak Aludin Al Ayubi, S.Pi.,M.Si, dalam pemaparan materinya menyampaikan bahwa akuarium ikan hias merupakan salah satu media berupa tempat atau wadah yang digunakan untukpemeliharaan ikan terutama ikan hias. Akuarium memiliki filosofi dan manfaat penting bagikehidupan kita, dengan adanya akuarium kita dapat menghadirkan suasana yang lebih segar danhidup di sekolah maupun di rumah. Selain itu, manfaat penting lainnya adalah menumbuhkan rasaingin tahu tentang ikan hias yang hidup dalam akuarium dan beberapa permasalahan yang dihadapi dalam menghadirkan suasana yang alami, dimulai dariikan yang tidak bisa bertahan hidup hingga akuarium ikan yang kotor dan berlumut dengan cepat.

Dengan melakukan pelatihan pembuatan akuarium ini maka diharapkan dapat memberikan informasi kepada guru-guru untuk mencoba mengaplikasikannya guna mendukung pengembangan media pembelajaran bagi anak-anak di PAUD Al Mujahidin Lanud Eltari-Penfui, Kota Kupang. Selain itu, dengan memberi edukasi terkait “Gemar Makan Ikan” bagi anak-anak PAUD juga diharapkan agar anak-anak lebih mencintai produk pangan yang bergisi terutama dari produk perikanan guna meningkatkan kesehatan dan kecerdasannya sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish