(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

LKDK BAGI MAHASISWA MSP

KEGIATAN LATIHAN KETERAMPILAN DASAR KEPEMIMPINAN (LKDK) BAGI MAHASISWA PROGRAM STUDI  MANAJEMEN SUMBERDAYA PERAIRAN, FAKULTAS PETERNAKAN KELAUTAN DAN PERIKANAN,UNIVERSITAS NUSA CENDANA, TAHUN 2024.

Kegiatan Latihan Keterampilan Dasar Kepemimpinan (LKDK) Bagi Mahasiswa Program Studi  Manajemen Sumberdaya Perairan ini dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2024, bertempat di Gedung baru LT. 2 Ruang Seminar MSP, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana. Kegiatan ini dibuka oleh  Wakil Dekan 1 Fakultas Peternakan Kelautan dan Perikanan UNDANA yang didampingi oleh Koordinator Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan Dr. Ir. Yahyah, M.Si.  Dalam sambutannya Wakil Dekan 1 FPKP UNDANA Dr. Ir. Edi Djoko Sulistijo, MP, menyampaikan bahwa kegiatan LKDD ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di setiap tahun dan dibiayai oleh DIPA Prodi MSP FPKP UNDANA. Selanjutnya juga disampaikan bahwa kegiatan ini memiliki tujuan untuk membentuk calon-calon pemimpin dari mahasiswa yang siap menjadi teladan umumnya di masyarakat dan khususnya di berbagai aktivitas keorganisasian maupun dalam linggkup instansi tertentu. Selain itu, kegiatan ini juga dapat mengasah kemampuan softskill serta hardskill mahasiswa di bidang leadership guna menjadi pemimpin yang professional, jujur, amanah dan bertangung jawab dalam lingkung masyarakat secara umum dan dan dalam lingkup  keorganisasian maupun dalam linggkup instansi tertentu kedepannya.

Ketua Panitia Kegiatan, Aludin Al Ayubi, S.Pi.,M.Si, di dalam sambutannya menyampaikan bahwa menjadi seorang pemipin tentu tidaklah mudah seperti yang kita bayangkan. Sebab pemimpin harus memilki karakter dasar yang kuat dalam diri karena seorang pemimpin haruslah jujur, adil, amanah dan dapat bertanggung jawab atas apa yang ia pimpin, sehingga dalam konteks ini kepemimpinan tidak hanya terletak pada kemampuan seseorang untuk memimpin sebuah oragnisasi, perusahan, instansi atau sekelompok orang tertentu, melainkan kepemimpinan harus lahir dari diri sendiri atau bagaimana seorang pemimpin itu harus bisa memimpin dirinya sendiri baru setelah itu dapat memimpin orang lain pada kelompok-kelompok tertentu. Oleh karena itu, para mahasiswa yang nantinya akan menjadi pemimpin masa depan haruslah dilatih kemampuan dasarnya menjadi seorang pemimpin melalui Kegiatan Latihan Keterampilan Dasar Kepemimpinan (LKDK) ini.

Kegiatan ini juga menghadirkan dua orang narasumber dalam menyajikan materi pelatihan yaitu untuk materi pertama disampaikan oleh Agustinus Bedi Utomo Gilo Roma (Pendiri Yayasan Sendal Jepit dan Merupakan Mantan Ketua Organisasi PMKRI Cabang Kupang) yang membawakan materi terkait Organisasi Sebagai Wahana Pencipta Pemimpin Masa Depan. Sedangkan materi kedua disampaikan oleh Bapak Zainudin Umar (Sekretaris KNPI Kota Kupang dan Sekretaris Direktur Kaya Tene Group dan juga merupakan Mantan Ketua Organisasi HMI Cabang Kupang ) yang membawakan materi terkait Disiplin dan Etika Pemimpin.

Setiap sesi penyampaian materi dari masing-masing pemateri didampingi oleh 1 moderator yang sama. Selain itu, pada setiap selesai pemaparan materi dilanjutkan dengan diskusi terkait saran, koreksi maupun pertanyaan terhadap materi yang disampaikan.  Kegiatan LKDK ini diikuti sekitar 100 orang peserta dari mahasiswa Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana. Seluruh rangkaian kegiatan ini dari acara pembukaan hingga akhir kegiatan dapat berjalan dengan baik.

Galeri Foto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish