(0380) 881580

info@undana.ac.id

Jl. Adisucipto, Penfui

Kupang, NTT 85001

07:30 - 16:00

Senin s.d Jumat

Pengelolaan Sumberdaya Perikanan Berbasis Sistem Dinamik dan Kearifan Lokal bagi Keberlanjutan Sumberdaya Perikanan di Nusa Tenggara Timur

Kegiatan kuliah umum ini dilaksanakan pada tanggal 10 November 2023 secara ofline dan online. Untuk pelaksanaan secara online melalui zoom meting dan ofline  bertempat di Gedung baru LT. 2 Ruang Seminar Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan Fakultas Peternakan Kelautan dan Perikanan UNDANA. 

Dekan FPKP UNDANA Bapak Dr. Ir. Arnold E. Manu, MP, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di setiap tahun dan dibiayai oleh DIPA Prodi MSP FPKP UNDANA. Kegiatan ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses pembelajaran dan juga memberikan penyegaran wawasan mahasiswa dan dosen terkait pengelolaan wilayah pesisir dan laut melalui pemberdaya kearifan lokal.

Ketua Panitia Ibu Kiik G. Sine, S.Pi., M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kuliah umum yang diselenggarakan oleh Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana ini juga merupakan salah satu bentuk perhatian terhadap sumberdaya perikanan yang dewasa ini sudah semakin disadari banyak orang bahwa sumberdaya ini merupakan suatu potensi yang cukup menjanjikan dalam mendukung tingkat perekonomian masyarakat terutama bagi nelayan. Akan tetapi, disisi lain konsekuensi logis dari sumberdaya perikanan ini yang merupakan milik bersama dan terbuka untuk umum maka pemanfaatannya semakin meningkat di hampir semua wilayah termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Timur dan hingga saat ini tingkat pemanfaatannya masih jauh dari tingkat optimal dan berkelanjutan, sehingga diperlukan upaya yang secara terus menerus dalam rangka pengelolaan dan pemanfaatan yang lebih optimal melalui pemberdayaan sistem dinamik dan kearifan lokal.

Kegiatan ini juga menghadirkan dua orang narasumber dalam menyajikan materi yaitu Dr. Irman Firmansyah (Ketua Umum Asosiasi Ahli Sistem Dinamik Indonesia) yang menyajikan materi pertama tentang “Sistem Dinamik” dan materi kedua disampaikan oleh Petrus Pulang, St.,M.Ling (Peneliti dan Konsultan Teknik pada LSM BARAKAT dan YBS Baru Lembata) dengan judul materi “Kearifan Lokal Badu (Konservasi Berbasis Komunitas dalam Pengelolaan Sumberdaya Perikanan di Kabupaten Lembata)”

Setiap sesi penyampaian materi dari masing-masing pemateri didampingi oleh 1 moderator yang sama yaitu Ibu Dr. Chaterina A. Paulus, S.Pi.,M.Si yang merupakan salah satu staf dosen dari Prodi MSP FPKP UNDANA. Selain itu, pada setiap selesai pemaparan materi dilanjutkan dengan diskusi terkait saran, koreksi maupun pertanyaan terhadap materi yang disampaikan.  Kegiatan kuliah umum ini diikuti sekitar 100 orang peserta terdiri atas dosen dan mahasiswa Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Peternakan, Kelautan dan Perikanan, Universitas Nusa Cendana. 

Editor : Aludin Al Ayubi

Galeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

en_USEnglish